Tugas Asinkronus IHT Hari Ke-4

 1. Konsep dan fungsi asesmen formatif dan asesmen sumatif

Konsep Asesmen Formatif

Metode evaluasi yang dilakukan untuk evaluasi proses pemahaman murid, kebutuhan pembelajaran, dan kemajuan akademik selama pembelajara 

Asesmen formatif memantau pembelajaran murid dan memberikan umpan balik yang berkala, dan berkelanjutan. 

Bagi murid, asesmen formatif berfungsi membantu murid mengidentifikasi kekuatan dan aspek yang perlu dikembangkan. Bagi guru dan sekolah, asesmen formtif berfungsi memberikan informasi mengenai tantangan apa saja yang dihadapi murid dalam proses pembelajaran projek sehingga dukungan yang memadai dapat diberikan. 

Asesmen formatif dapat diberikan oleh guru, teman, atau diri sendiri.

Fungsi Asesmen Formatif

Untuk guru: Mengawasi pembelajaran murid, memastikan perkembangan murid, mengecek pemahaman murid. 

Untuk siswa: Mengevaluasi pembelajaran sendiri, membangun pengetahuan, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, dan meningkatkan kemampuan

Konsep Asesmen Sumatif

Metode evaluasi yang dilakukan di akhir pembelajaran. 

Asesmen sumatif seringkali memiliki taruhan tinggi karena berpengaruh terhadap nilai khir murid sehingga sering diprioritaskan murid daripada asesmen formatif. 

Umpan balik dari asesmen hasil akhir ini (sumatif) dapat digunakan untuk mengukur perkembangan murid untuk memandu guru dan sekolah merancang aktivitas mereka untuk projek berikutnya.

Fungsi Asesmen Sumatif

Untuk guru: Mengukur apakah murid sudah memenuhi Capaian Pembelajaran dan sejauhmana sudah mencapai akhir unit pembelajaran, meningkatkan pengajaran dan pembelajaran selanjutnya 

Untuk siswa: Memahami performa di akhir unit pembelajaran, memahami apakah mereka sudah memenuhi Capaian Pembelajaran dan sejauhmana sudah mencapai akhir unit pembelajaran.


2. Apa penekanan Fungsi dari kedua asesmen tersebut?

Pada kurikulum ini guru diharapkan memberikan proporsi lebih banyak pada pelaksanaan asesmen formatif daripada menitikberatkan orientasi pada asesmen sumatif. 

Harapannya, ini akan mendukung proses penanaman kesadaran bahwa proses lebih penting daripada sebatas hasil akhir.

3. Apa fungsi membangun keseimbangan asesmen formatif dan sumatif?

Fungsi membangun keseimbangan asesmen formatif dan sumatif asesmen formatif dan sumatif diantaranya: 

Jumlah asesmen formatif sebaiknya lebih banyak dari jumlah asesmen sumatif. 

Jelaskan tujuan asesmen formatif adalah untuk perbaikan dan pengembangan diri. Asesmen formatif dapat membantu mereka mendapatkan nilai yang lebih baik dalam asesmen sumatif di akhir, juga untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran. 

Bangun keterkaitan antara asesmen sumatif dan formatif. Dengan merancang asesmen formatif yang berkontribusi pada tugas sumatif dapat menurunkan beban kerja murid dan memperjelas relevansi tugas formatif.

4. Mengapa fungsi keseimbangan harus dilakukan?

Fungsi mengapa keseimbangan asesmen formatif dan sumatif penting asesmen formatif dan sumatif diantaranya:

Mengubah paradigma belajar yang menitikberatkan pada nilai menjadi belajar yang menitikberatkan pada proses. 

Jika ketergantungan pada asesmen sumatif masih terjadi dengan umpan balik yang sedikit, maka dapat menghambat proses murid untuk "mengalami pengetahuan".


Komentar

  1. Assalamualaikum
    Umi Khoiriyah XII TKJ 2

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum, Fika X MM hadir

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum
    SALSABILA EKA CINDI NURHIDAYAH XII Ak hadir

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Putri Amalia XII MM Hadir

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Virda Saskiani Xll Multimedia hadir

    BalasHapus
  6. Ariya dewa saputra X Multimedia hadir

    BalasHapus
  7. Yuris febriansyah XII TBSM hadir

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Dinda Hanif Hazizah Xll tkj 3 hadir

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum M Andriean Firlie XII TKJ 1 Hadir

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    M yusuf kurniawan
    Dari kelas:X MM

    BalasHapus
  11. Asalamualaikum.
    Jonathan harsoyo.
    Kelas. XII MM

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum,Misbahul Fahmi XII MM

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum,M.fais izazi X TBSM2

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum tiara novella putri hadir

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Iman Kepada Allah Melalui Asma'ul Husnah (Materi Kelas X)

Iman Kepada Hari Akhir (Materi Kelas XII)